Soft Release Aplikasi Platform Digital SIKD di hari Ibu

Tanggal 22 Desember 2021 merupakan suatu hari yang spesial bagi banyak orang karena merupakan hari Ibu. Namun ada yang menarik di DJPK pada hari itu. Selain memperingati hari Ibu, di tanggal tersebut Dit. ESI khususnya Subdit PABDIOTI, Subdit TSIKD, Subdit DKD dan juga Fungsional Pranata Komputer DJPK telah melaksanakan soft release Aplikasi Platform Digital SIKD yang meliputi SIKD Core versi 5, Sinergi Mobile versi 2, SINERGI DJPK, dan Portal Kolaborasi Data DJPK pada pukul 22.22 WIB.

Berikut merupakan penjelasan lebih detail dari rilis masing-masing aplikasi tersebut.

1. Aplikasi SIKD Core versi 5 Aplikasi SIKD Core merupakan aplikasi yang digunakan untuk memonitoring pengiriman laporan keuangan dari pemerintah daerah (pemda). Aplikasi SIKD Core versi 5 adalah pengembangan dari SIKD Core versi sebelumnya dengan tambahan fitur berupa a. Dashboard realisasi APBD yang menampilkan laporan realisasi anggaran secara nasional maupun per daerah b. Monitoring interkoneksi data transaksi pemda yang meliputi monitoring koneksi dan laporan pemda c. Fitur Laporan yang menampilkan seluruh jenis laporan dari hasil sinkronisasi data transaksi pemda yang telah bersifat final d. Fitur Registrasi, digunakan untuk mendaftarkan admin pemda yang khusus menangani data transaksi dan dapat digunakan untuk mengakses sinergi mobile setelah mendapatkan persetujuan dari DJPK e. Fitur Konfigurasi yang digunakan untuk manajemen query data transaksi pemda dan informasi asal query f. Fitur Otorisasi dan Validasi Laporan, digunakan pemda untuk melakukan review data untuk selanjutnya dapat melakukan validasi bahwa laporan telah sesuai dan benar.

2. Sinergi Mobile versi 2 Sinergi Mobile merupakan aplikasi yang dibangun dengan tujuan untuk mendukung penyediaan data transaksi pemerintah daerah secara realtime dan merupakan manajemen koneksi data yang menghubungkan agen Sinergi versi 5 dengan database pengelolaan keuangan daerah di pemerintah daerah. Adapun penambahan fitur pada SINERGI Mobile versi 2 ini meliputi: a. Dashboard yang menampilkan nama daerah, tahun konfigurasi/koneksi, status konfigurasi/koneksi, tanggal terakhir koneksi, serta tampilan konten yang telah di setting oleh admin DJPK b. Fitur notifikasi kepada user pemda jika terdapat catatan perbaikan konfigurasi dari admin DJPK.

3. SINERGI DJPK SINERGI DJPK merupakan aplikasi yang dibangun di tahun 2021 dan diharapkan dapat digunakan sebagai media informasi internal yang tersentralisasi di lingkungan DJPK. Aplikasi ini dibangun secara swakelola dengan menggunakan framework Django dimana merupakan teknologi terbaru yang digunakan di lingkungan DJPK. Adapun fitur pada SINERGI DJPK meliputi: a. Dashboard yang menampilkan informasi dan berita terbaru di lingkungan DJPK b. Knowledge Management, berisi ensiklopedia pengetahuan terkait tusi DJPK untuk membantu para pegawai yang mutasi di lingkungan DJPK c. Layanan TIK, yang meliputi aplikasi, data, dan informasi d. Informasi mengenai EA DJPK.

4. Portal Kolaborasi Data DJPK Portal Kolaborasi Data DJPK merupakan pintu gerbang pusat data SIKD yang digunakan sebagai katalog data. Pada tahap awal, aplikasi ini menyediakan data bagi pihak internal DJPK sebelum selanjutnya akan dapat menyediakan data kepada publik (open data) dan pihak eksternal DJPK. Fitur pada Portal Kolaborasi Data DJPK meliputi: a. Katalog data, memuat data-data di DJPK yang dibagi ke dalam beberapa topik dan organisasi di lingkungan DJPK, serta siap digunakan oleh pihak internal DJPK b. Fitur unggah data yang dapat diakses oleh para produsen dan wali data di DJPK c. Fitur unduh data yang dapat digunakan oleh para pegawai di lingkungan DJPK d. Fitur monitoring data, untuk mengetahui data yang paling banyak dicari dan digunakan di DJPK.

"Saya nggak bisa ngomong apa-apa, karena saking terharunya apa yang sudah kita lakukan dari mulai zaman komandan sampai ekosistem digital terwujud dengan success menurut saya. Ini memang perjuangan yang luar biasa. Saya mengapresiasi temen-temen semua, PABDIOTI, DKD, TSIKD yang sangat-sangat solid dalam pengembangan kita ini. Saya sangat berterima kasih sama Mas Arman karena mungkin kalau tidak ada Mas Arman tidak ada Komandan, tidak ada Ekosistem Digital. Kalau misalnya tidak ada ide-ide kreatif mungkin tidak ada Sinergi Mobile. Berkenaan dengan itu, momen yang pas juga hari ini adalah hari Ibu, kalau kita kaji lebih mendalam lagi, tanpa Ibu kita tidak akan muncul Ekosistem dalam Sinergi Mobile. Atas kerja keras ini kita mendapat bonus berupa tersenyum, walaupun nanti ada gongnya lagi yaitu di hari Ulang Tahun DJPK....."ungkap Bapak Oegik Hendar Samijono yang merupakan koordinator Fungsional Pranata Komputer DJPK dalam momen release Aplikasi Platform Digital SIKD. Melalui rilis Platform Digital SIKD, diharapkan kualitas sinergi dan kolaborasi di lingkungan Direktorat Jenderal Perimbangan Keuangan akan meningkat sehingga dapat bersama-sama menuju DJPK yang Kreatif, Energetik, Reformis, Efektif dan Nasionalis.

Dec. 25, 2021, 12:31 a.m.