Aplikasi Sistem Informasi Keuangan Daerah

Pengembangan Aplikasi SIKD Nasional

Aplikasi SIKD Nasional (Core SIKD) adalah aplikasi yang dikembangkan untuk dapat menerima dan menyajikan Informasi Keuangan Daerah yang dikirim dari aplikasi pengelolaan keuangan daerah ke Pusat. Aplikasi ini telah memiliki hak cipta nomor EC00201706959 dengan judul ciptaan Aplikasi Sistem Informasi Keuangan Daerah (SIKD) Nasional. Pengembangan Aplikasi Core SIKD dilakukan sebagai bentuk antisipasi yang disesuaikan dengan kebutuhan penyelenggaraan desentralisasi fiskal. Pada tahun 2019 telah tersedia CORE SIKD Monitoring Penyampaian Data Keuangan Daerah versi 2.4.1 dan CORE SIKD Monitoring Penyampaian Data Posisi Kas dan Perkiraan Belanja versi 3.0.0. Dimana pada CORE SIKD Monitoring Penyampaian Data Keuangan Daerah telah tersedia modul kompilasi LKPD dan APBD, modul perekaman dan monitoring data Hardcopy LRA Semester, pertanggung jawaban, pengembangan modul LKPD (unaudited, audited, Perda) dan pengembangan modul laporan khusus DTH/RTH, Gaji PNSD. Sedangkan pada Core SIKD Monitoring Penyampaian Data Posisi Kas dan Perkiraan Belanja memiliki fitur monitoring data per bulan, per pemda, ambil data simpatik baik data posisi kas dan data perkiraan belanja.

Pengembangan Aplikasi Agen SIKD

Sebagai bentuk penerapan pembakuan SIKD dan pembakuan agen SIKD sesuai amanat Peraturan Menteri Keuangan Nomor 74/PMK.07/2016 tentang Penyelenggaraan SIKD yaitu untuk meningkatkan integritas dan kualitas IKD yang disampaikan oleh pemerintah daerah, telah dikembangkan beberapa aplikasi antara lain: Pembakuan agen SIKD diterapkan dari sisi pembakuan konfigurasi, pembakuan aplikasi agen SIKD (menu, fitur, output, dan penamaan Arsip Data Komputer/ADK), serta pembakuan kebutuhan minimal perangkat. Sebagai bentuk implementasi pembakuan agen SIKD, telah dikembangkan beberapa aplikasi agen SIKD yaitu:

Agen SINERGI (Sistem Integrasi Berbasis Teknologi) merupakan agen tunggal yang mengkoneksikan aplikasi pengelolaan keuangan daerah yang beragam dengan aplikasi SIKD Nasional (SIKD Core). Aplikasi ini telah memiliki hak cipta nomor EC00201706964 dengan judul ciptaan Aplikasi Agen Sistem Integrasi Berbasis Teknologi (SINERGI) SIKD.

Versi terbaru aplikasi SINERGI pada tahun 2019 adalah versi 4.0.3 dengan pengembangan signifikan pengintegrasian aplikasi agen simpatik SIKD dengan aplikasi agen SINERGI, sehingga pemda dapat melakukan pengiriman data Posisi Kas dan Perkiraan Belanja melalui aplikasi agen SINERGI. Adapun fitur lain pada aplikasi agen SINERGI adalah tesedianya modul Gaji PNSD, DTH/RTH, Sub Registry, fitur validasi uraian BAS akun level 3 untuk modul data APBD dan semua LRA, fitur enkripsi file xml, pengembangan modul LKPD/LPP versi unaudited, audited dan Perda untuk Neraca, LO, LAK, LPE LPSAL, serta penambahan modul Integrity Check dan Kamus Eror.

Selain itu, pada tahun 2019 telah dilakukan pengembangan dan uji coba agen SINERGI SIKD versi 5.0.0 dalam rangka pencapaian atas ISRBTK#9 “Penyediaan Data Transaksi Pemda Untuk Mendukung Kebijakan Fiskal Nasional” dimana aplikasi ini digunakan untuk melakukan penarikan data APBD rinci, Jurnal, dan DTH/RTH. Implementasi aplikasi sinergi versi 5.0.0 telah digunakan di 102 Pemda dengan total record 102 juta record per Desember 2019.

Aplikasi Portal Pelaporan TKDD

Pembaruan atas Aplikasi Portal Pelaporan TKDD adalah adanya Modul Dana Alokasi Khusus Nonfisik yang berfungsi untuk menyusun dan menyampaikan data laporan penyerapan dan penggunaan DAK Nonfisik. Pada tahun 2018 dilakukan pembangunan dan telah mengimplementasikan sembilan modul DAK Nonfisik melalui nota dinas nomor ND-5/PK.5/2019 tanggal 7 Januari 2019, kemudian pada tahun 2019 dilakukan pengembangan terhadap modul yang telah ada dan terdapat penambahan serta implementasi modul Dana BOS menjadi (BOS Reguler, BOS Afirmasi dan BOS Kinerja, BOP Kesetaraan), modul Dana PK2UKM dengan penambahan 172 daerah kab/kota baru, modul Dana BOP Museum dan Taman Budaya, modul Dana Pelayanan Kepariwisataan, dan penyempurnaan format laporan realisasi penggunaan pada modul Dana BOP PAUD dan Dana PK2UKM, berdasarkan penyampaian UR melalui nota nomor ND-72/PK.2/2019 tanggal 18 Februari 2019. Saat ini pengembangan aplikasi telah selesai dan telah dilakukan uji coba serta bimbingan teknis kepada pemerintah daerah pada tanggal 24-26 Juni 2019 melalui nota dinas nomor ND-368/PK.2/2019 tanggal 14 Juni 2019 dan 14 Oktober 2019 – 19 November 2019 melalui nota dinas nomor ND-723/PK.2/2019 tanggal 11 Oktober 2019.


Author: 198407292006021001

Publikasi: Oct. 5, 2021, 3:51 p.m.