WhatsApp Image 2020-02-18 at 15.44.40

Kunjungan Studi SMK Budi Utomo Way Jepara Lampung

Jakarta – 18 Februari 2020, Pagi ini SMK Budi Utomo Way Jepara Lampung melaksanakan kunjungan belajar ke Kementerian Keuangan, dengan salah satu topiknya mengenai “Transfer ke Daerah dan Dana Desa (TKDD)”. Tujuan dari kunjungan belajar ini adalah untuk mengetahui dana desa dan transfer ke daerah.
Pembahasan yang disampaikan runtut dari pengantar mengenai penyelenggaraan urusan pemerintah di Indonesia, kemudian membahas kebijakan moneter dan fiskal secara terperinci mengingat kementerian keuangan mengatur kebijakan fiskal sedangkan kebijakan moneter diperjelas di makro ekonomi, yang kemudian dilanjutkan dengan proses transfer dari pemerintah pusat ke pemerintah provinsi dan akhirnya sampai ke pemerintah kabupaten/kota. Adapun pemerintah melaksanakan transfer ke daerah-daerah supaya pemerintah daerah bisa memaksimalkan dana untuk mencapai tujuan negara salah satunya mensejahterakan negara dan mencerdaskan bangsa.
Penyampaian materi ini kemudian berlanjut pada pembahasan mengenai penyaluran Dana Desa dan penyaluran Dana BOS yang untuk saat ini sudah mengalami perubahan skema penyaluran yang fundamental. Proses ini tidak lepas dengan kegiatan tanya jawab, salah satu pertanyaan yang disampaikan ialah bagaimana pemerintah bisa mengetahui apakah sebuah desa sudah menggunakan dana desa dengan baik atau belum.
Dengan adanya proses kunjungan belajar seperti ini, merupakan salah satu upaya untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat luas mengenai kebijakan yang saat ini sedang dilaksanakan, terutama peran masyarakat umum sangat besar dalam proses pengawasan pelaksanaan TKDD.

/ Berita

Share the Post

About the Author

Comments

Comments are closed.