BRT

Diskusi Ekonomi Regional: Percepatan Pemulihan Ekonomi dan Penguatan Reformasi

Jakarta – Percepatan pemulihan ekonomi dan penguatan reformasi menjadi prioritas nasional dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi nasional. Pada hari Rabu, 13 Januari 2021, Pemerintah Provinsi Sulawesi Barat mengadakan Rapat Pimpinan dengan tema “Pembangunan Nasional”.

Pembukaan acara dilakukan oleh Gubernur Provinsi Sulawesi Barat, yang menyampaikan saat ini sangat penting untuk melakukan percepatan pemulihan ekonomi dan penguatan reformasi. Diantaranya dengan memperbaiki kinerja seluruh pegawai, efisiensi anggaran, dan menjaga integritas dalam bekerja melayani seluruh warga di Provinsi Sulawesi Barat.

Setelah resmi dibuka, acara dilanjutkan pemaparan dari narasumber yang disampaikan oleh Bapak Astera Primanto Bhakti selaku Direktur Jenderal Perimbangan Keuangan. Bapak Dirjen mengawali pemaparan tentang perkembangan perekonomian global selama tahun 2020. Beliau memaparkan mengenai besarnya tantangan ekonomi pada tahun 2020, banyak peristiwa-peristiwa global yang mempengaruhi pertumbuhan ekonomi. Tahun 2021 pandemi Covid-19 masih menjadi tantangan bagi Indonesia, salah satu upaya pemerintah dalam menangani Covid-19 dengan menyiapkan vaksin untuk seluruh masyarakat.

Selanjutnya Bapak Dirjen menjelaskan berbagai langkah pemerintah dalam melakukan percepatan pemulihan ekonomi mulai tahun 2020, salah satunya dengan melanjutkan dan menuntaskan penanganan Covid-19, pemulihan ekonomi, dan memperkuat ketahanan ekonomi melalui Program PEN. Selain itu, dijelaskan juga arah kebijakan TKDD tahun 2021, untuk mendukung upaya pemulihan ekonomi sejalan dengan prioritas nasional melalui pembangunan aksesibilitas dan konektivitas kawasan sentra pertumbuhan ekonomi dan dukungan insentif kepada daerah untuk menarik investasi, perbaikan system pelayanan investasi dan dukungan UMKM.

Bapak Dirjen juga menjelaskan bagaimana Provinsi Sulawesi Barat mengalami kontraksi pertumbuhan ekonomi yang dalam yaitu sebesar -5,26%. Hal ini berdampak pada pencapaian target pembangunan selama tahun 2020, sehingga diperlukan upaya dan sinergi dari seluruh pihak untuk dapat mencapai target pembangunan nasional yang telah disusun dalam RPJMN.

Narasumber berikutnya adalah Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sulawesi Barat, Bapak Budi Sudaryono, yang memaparkan bagaimana prospek perekonomian Sulawesi Barat dan upaya-upaya yang harus diambil untuk mencapai pertumbuhan ekonomi yang ditargetkan. Salah satu upaya yang harus dilakukan oleh Pemerintah Provinsi Sulawesi Barat yaitu dengan mempersiapkan ketersediaan vaksin Covid-19, reformasi investasi dan anggaran, keberlanjutan bantuan sosial dan dukungan akan pertumbuhan ekonomi global yang terus kondusif.

Setelah pemaparan narasumber selesai, acara dilanjutkan dengan sesi tanya jawab. Diharapkan paparan dari para narasumber akan menjadi insight baru bagi Pemerintah Daerah Provinsi Sulawesi Barat, sehingga secara konsisten dapat bangkit dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi di tahun 2021.

/ Berita

Share the Post

About the Author

Comments

Comments are closed.