jabfung03

Sosialisasi Jabatan Fungsional Analisis Keuangan Pusat dan Daerah

jabfung02Sejalan dengan transformasi kelembagaan yang dilaksanakan oleh DJPK, pembentukan jabatan fungsional analisis keuangan pusat dan daerah (jafung AKPD) merupakan salah satu agenda penting yang harus direalisasikan. Sesuai dengan amanat UU No.5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara, pengembangan jabatan fungsional dapat memacu inovasi dan kreativitas pegawai. Saat ini jumlah jabatan struktural yang ada di DJPK sangat terbatas dan telah terisih oleh sumber daya manusia yang relatif masih muda. Sementara itu, organisasi ini memiliki sosok-sosok luar biasa yang kurang termotivasi akibat minimnya jenjang karir struktural. Jafung AKPD diharapkan mampu menjadi solusi atas kondisi tersebut.

Untuk memberikan pemahaman kepada para pejabat dan pegawai mengenai jafung AKPD, DJPK mengadakan sosialisasi yang digelar pada Senin, 1 Februari 2016 di Aula Nagara Dana Rakca. Direktur Jenderal Perimbangan Keuangan, Boediarso Teguh Widodo, memberikan arahan mengenai peran strategis jafung AKPD. Kinerja DJPK dalam mengelola jafung AKPD memiliki pengaruh besar terhadap peningkatan kualitas pengelolaan transfer ke daerah dan pengelolaan keuangan daerah secara luas. DJPK juga menerbitkan kebijakan-kebijakan strategis yang terkait dengan hubungan keuangan pusat dan daerah. Untuk melaksanakan tanggung jawab tersebut, DJPK memerlukan pegawai yang profesional, berdedikasi tinggi, dan berintegritas. Jafung AKPD tidak hanya diisi oleh pegawai dari DJPK. Pegawai dari Kementerian/Lembaga yang relevan dengan bidang keuangan daerah maupun dari pemerintahan daerah dapat berkarir di jafung AKPD.

Direktur Jenderal Perimbangan Keuangan berharap, jafung AKPD dapat menjadi tulang punggung bagi perbaikan kualitas hubungan keuangan pusat dan daerah. Para pegawai terpilih yang kelak masuk dalam posisi jafung AKPD harus menunjukkan komitmen yang diwujudkan dalam bentuk kerja keras dan kualitas analisis yang prima. Lebih lanjut, dengan terbentuknya jafung AKPD ini dapat memerikan harapan baru bagi pejabat dan pegawai DJPK yang memiliki passion dalam melakukan analisis dan kajian untuk dapat memberikan kontribusi pemikiran cemerlang yang bermanfaat bagi masyarakat dan negara.

 

[Best_Wordpress_Gallery id=”43″ gal_title=”Sosialisasi Jafung AKPD”]

/ Foto

Share the Post

About the Author

Comments

Comments are closed.