websiteliputanwebinarsayembara

Webinar Sayembara Karya Tulis DJPK-Kemenkeu

Jakarta – Direktorat Jenderal Perimbangan Keuangan mengadakan Webinar Sayembara Karya Tulis DJPK-Kemenkeu dengan tema “Pengelolaan Keuangan Publik Dalam Meningkatkan Pelayanan Dasar Untuk Mewujudkan Sumber Daya Manusia Yang Berkualitas” dalam rangka Hari Oeang ke-74 sekaligus sebagai penutup dalam rangkaian Sayembara Karya Tulis DJPK-Kemenkeu. Tujuan penyelenggaraan webinar ini adalah untuk membahas secara lebih dalam karya tulis terbaik pemenang sayembara, sekaligus sebagai ajang apresiasi dan ruang diskusi guna menampung ide-ide segar para generasi muda untuk Indonesia yang lebih baik lagi. Acara ini dilaksanakan pada hari Jumat, 23 Oktober 2020 melalui aplikasi Zoom Meeting serta disiarkan secara langsung melalui kanal Youtube DitjenPK Kemenkeu RI.

Acara hari ini (Jumat (23/10/2020) diawali dengan pembukaan oleh Direktur Jenderal Perimbangan Keuangan, Astera Primanto Bhakti. Dilanjutkan dengan keynote speech dari Menteri Keuangan Republik Indonesia, Sri Mulyani Indrawati.
Dalam keynote speech-nya, Menteri Keuangan menyampaikan bahwa data-data keuangan negara dan daerah terus disampaikan ke publik, namun data-data ini tidak akan berarti apa-apa jika tidak ada yang membaca maupun menganalisa. Sayembara karya tulis ini diharapkan mampu membangun kultur atau budaya untuk membaca data dan memahami informasi. Sehingga anak-anak muda, para pelajar SMA dan mahasiswa akan menjadi generasi yang cerdas, tidak mudah diombang-ambing oleh disinformasi. Anak-anak muda akan dilatih berpikir kritis sendiri dengan membaca data, dan dengan menimba ilmu lebih banyak. Para peserta yang telah mengikuti sayembara ini beliau anggap akan menjadi duta untuk terus meningkatkan pemahaman kepada masyarakat luas mengenai arti keuangan negara, apa itu instrumen APBN, dan apa itu instrumen belanja APBD.

Setelah penyampaian keynote speech oleh Menteri Keuangan, acara dilanjutkan dengan sesi diskusi yang dipandu oleh moderator, Bapak Imam Sumardjoko yang juga merupakan pejabat fungsional madya analis keuangan pusat dan daerah. Diskusi ini menghadirkan pembahas yang sangat kompeten yaitu Prof. Heru Subiyantoro, Ph.D selaku Ketua Program Studi Doktoral Ilmu Ekonomi Universitas Borobudur Jakarta serta para pemenang utama sayembara karya tulis DJPK. Acara pun ditutup setelah berakhirnya sesi tanya jawab. Meskipun acara berlangsung secara daring dari pagi hingga siang, peserta tetap menunjukkan antusiasme yang tinggi hingga akhir acara.

/ Berita

Share the Post

About the Author

Comments

Comments are closed.