ilustrasi website

Capacity Building JF AKPD “Visualisasi Data”

Jakarta—Visualisasi data merupakan elemen yang sangat penting dalam melakukan analisa kebijakan dan pengambilan keputusan. Pada hari Rabu, 11 November 2020, Direktorat Jenderal Perimbangan Keuangan selaku Instansi Pembina Jabatan Fungsional (JF) Analis Keuangan Pusat dan Daerah (AKPD) mengadakan Capacity Building dengan mengangkat tema “Visualisasi Data”. Acara dilaksanakan melalui Zoom dan disiarkan secara langsung melalui kanal Youtube, dengan peserta berasal dari JF AKPD baik di pusat maupun di daerah.

Capacity Building diawali dengan pre-test yang diikuti oleh peserta yang tergabung dalam Zoom kemudian dilanjutkan dengan welcoming remarks dari Kasubit Peningkatan Kapasitas Pengelola Keuangan Daerah, Bonatua Mangaraja Sinaga. Keynote speech sekaligus pembukaan acara dilakukan oleh Direktur Kapasitas dan Pelaksanaan Transfer (KPT), Bhimantara Widyajala. Dalam kesempatan itu, Direktur KPT menyampaikan bahwa kemampuan dalam memvisualisasi data sangat penting karena dapat membantu pelaksanaan tugas AKPD dan teknik pengolahan yang baik serta penyajian yang bagus akan menghasilkan kesimpulan yang tepat dan berguna bagi pengambilan keputusan atasan masing-masing. Tujuan visualisasi data, lanjut Direktur KPT, adalah untuk mengkomunikasikan informasi secara jelas dan efisien lewat grafik informasi, menampilkan informasi dari berbagai sudut pandang dengan level kedalaman tertentu, mendukung berbagai analisis seperti pembandingan atau kasualitas, dan mendukung cerita dari keseluruhan analisis dan pelaporan.

Setelah penyampaian keynote speech, acara dilanjutkan dengan dipandu oleh moderator yang merupakan Kasi Fasilitasi dan Pelaksanaan Pembinaan JF AKPD, Wahyudi. Acara ini menghadirkan dua narasumber. Narasumber pertama adalah Raudhoh Fitra Humamy yang merupakan Data Tech Specialist pada lembaga IYKRA. Dalam paparannya, Raudhoh Fitra Humamy menyampaikan mengenai fundamental visualisasi data yang meliputi konsep, teknik, dan berbagai macam tools yang dapat digunakan. Sedangkan narasumber kedua adalah Arifudin M. Huda, Kepala Seksi Pelaporan Keuangan Daerah, yang menyampaikan materi mengenai EDA menggunakan visualisasi data. Diharapkan materi dalam acara ini dapat membantu peserta untuk menyusun analisis kebijakan dan menghasilkan rekomendasi kebijakan yang implementatif dan berkualitas.

/ Berita

Share the Post

About the Author

Comments

Comments are closed.