SINERGIS THM1

Program Hibah Strengthening Intergovernmental Transfers and Subnational Finance for Service Delivery in Indonesia

Program Hibah Strengthening Intergovernmental Transfers and Subnational Finance for Service Delivery in Indonesia (Program Hibah SINERGIS) merupakan program hibah yang bergerak bersama dengan Program SINERGIS Program for Results atau SINERGIS PforR. Program ini memiliki tujuan untuk mendukung pemerintah Indonesia dalam meningkatkan pemerataan, efisiensi dan akuntabilitas dari pelaksanaan belanja daerah yang sumber dananya berasal dari dana transfer. Program ini sejalan dengan berbagai upaya perbaikan skema, instrument, serta tata kelola pelaksanaan kebijakan Transfer Ke Daerah (TKD) yang dilakukan pemerintah, agar belanja TKD lebih tepat sasaran, lebih efektif dan lebih optimal.

Program SINERGIS PforR memiliki tujuan untuk meningkatkan ekuitas, efisiensi, dan akuntabilitas dari belanja pemerintah daerah yang dibiayai oleh dana transfer. Secara lebih rinci, program SINERGIS ditujukan untuk:

  1. Mendukung upaya pemerintah untuk mengalokasikan Dana Alokasi Umum (DAU) secara lebih adil dan efisien.
  2. Menutup kesenjangan infrastruktur di daerah (memperbaiki kualitas/mutu infrastruktur yang perlu diperbaiki di sektor kesehatan, jalan, dan air bersih) dengan memperkuat penargetan serta kinerja Dana Alokasi Khusus Fisik (DAK Fisik).
  3. Program ini juga bertujuan untuk memperkuat pemantauan dan evaluasi belanja daerah untuk meningkatkan kualitas dan keselarasan dengan belanja pemerintah pusat, serta meningkatkan sistem pengelolaan keuangan pemerintah untuk pengambilan keputusan dan akuntabilitas yang lebih baik.

Dengan telah ditetapkannya perjanjian kerja sama antara Pemerintah Indonesia dan Bank Dunia, Program SINERGIS PforR secara efektif telah mulai berlaku pada Desember 2023 dan akan berlangsung sampai dengan 2029. Sementara itu, untuk program hibah SINERGIS, diharapkan akan dapat berlaku efektif sejak triwulan II TA 2024.

Sebagai bagian dari proses penerbitan Grant Agreement (GA) antara Pemerintah Indonesia dengan Bank Dunia sebagai Executing Agency (EA) dalam program SINERGIS PforR dan Hibah, DJPK mewakili para Implementing Agencies (IA) atau Pelaksana Kegiatan dari berbagai Kementerian/Lembaga seperti Kementerian PPN/BAPPENAS, Kementerian Kesehatan, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, dan Kementerian Dalam Negeri dengan ini mempublikasikan dokumen Environment and Social Commitment Plan (ESCP).

Pemerintah Indonesia akan memantau pelaksanaan langkah-langkah dan tindakan yang diperlukan dan melaporkan kepada Bank Dunia sebagaimana disyaratkan dalam ESCP. Bank Dunia akan memantau dan menilai kemajuan dan penyelesaian langkah-langkah dan tindakan yang diperlukan selama pelaksanaan program SINERGIS.

Besar harapan bagi Pemerintah Indonesia agar Program SINERGIS dapat berjalan dengan lancar dan optimal untuk mendukung mendukung pemerintah Indonesia dalam meningkatkan pemerataan, efisiensi dan akuntabilitas pengelolaan keuangan di Indonesia dan di Daerah.

DOKUMEN TERKAIT

/ Berita

Share the Post

About the Author

Comments

Comments are closed.