WhatsApp Image 2021-03-18 at 17.48.35

Pra Musyawarah Nasional Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (Apkasi) V 2021

Jakarta – Dalam rangka mendukung pelaksanaan kegiatan Musyawarah Nasional (Munas) V Apkasi 2021 yang direncanakan akan dibuka oleh Presiden Republik Indonesia dan dilaksanakan pada tanggal 25 Maret 2021, Apkasi mengadakan kegiatan Pra Munas V Apkasi 2021 pada tanggal 18 Maret 2021 yang merupakan satu rangkaian dari kegiatan Munas Apkasi V 2021.

Mengingat kondisi di masih dalam masa pandemi Covid-19, kegiatan Pra Munas V Apkasi 2021 dilangsungkan secara hybrid di Kantor Sekretariat Apkasi di Jakarta dan secara paralel diikuti oleh peserta kegiatan secara virtual. Acara Pramunas V Apkasi 2021 dipimpin oleh Ketua Umum Apkasi Abdullah Azwar Anas. Bapak Abdullah menyampaikan bahwa kegiatan Pra Munas Apkasi V 2021 ini akan membahas rencana materi yang akan disahkan pada acara Munas nanti yaitu, rancangan tata tertib munas, rancangan arah kebijakan umum, dan rancangan strategis Apkasi 2021-2026.

Setelah resmi dibuka, acara dilanjutkan dengan sesi pemaparan oleh narasumber yaitu Dirjen Perimbangan Keuangan, Bapak Astera Primanto Bhakti yang mewakili Ibu Menteri Keuangan. Tema yang disampaikan oleh Bapak Dirjen adalah “Efektivitas Belanja Daerah dengan Refocusing Anggaran”. Pandemi covid-19 menjadi suatu tantangan yang dihadapi bersama, baik oleh daerah maupun pemerintah pusat, kebutuhan anggaran untuk penanganan dampak covid-19 di 2021 masih besar sehingga perlu kerja sama yang baik untuk menangani kondisi ini, salah satunya melalui kebijakan refocusing anggaran. Diperlukan penajaman belanja dalam anggaran Daerah untuk menangani dampak covid-19 khususnya dari segi kesehatan dan pemulihan ekonomi. Pimpinan Daerah diharapkan dapat mempercepat pelaksanaan belanja, termasuk berbagai Program Pemulihan Ekonomi di daerah dengan tetap menjaga efektivitas/kualitas program, serta akuntabilitas program.

Bapak Dirjen menambahkan bahwa dalam melakukan formulasi kebijakan, pemerintah pusat tentunya juga berdasarkan dengan data yang diterima dari pemerintah daerah. Laporan pelaksanaan dan data yang disampaikan oleh daerah secara baik, akurat dan tepat waktu akan membantu dalam memberikan gambaran yang lebih jelas terkait kondisi saat ini, dan bagaimana kebijakan yang akan diambil ke depannya, begitu juga dalam rangka konsolidasi penggunaan dan pelaksanaan APBN.

Setelah pemaparan narasumber selesai, acara dilanjutkan dengan sesi tanya jawab yang disampaikan langsung oleh peserta acara Pra Munas yang terdiri dari para bupati dan wakil bupati dari seluruh Indonesia yang tergabung dalam Apeksi. Kegiatan Pra Munas dan juga Munas V Apkasi 2021 ini nantinya diharapkan dapat berjalan dengan baik dan menghasilkan rekomendasi-rekomendasi yang diperlukan dan bisa menjadi bahan pemikiran  juga bagi Pemerintah Pusat dalam menyusun dan membuat kebijakan-kebijakan di masa yang akan datang.

 

/ Berita, Uncategorized

Share the Post

About the Author

Comments

Comments are closed.